Monday, March 31, 2014

Optimalkan pencarian di google search engine

Optimalkan pencarian di google search engine
Sekarang Blog DokyAsde akan membagikan sedikit tips tentang mengoptimalkan pencarian file atau data melalui mesin pencari google menggunakan parameter khusus untuk pencarian data atau file yang lebih akurat secara gratis tentunya... :D doyan gratisan soalnya.... xixixixi..!
Biasanya kita melakukan pencarian digoogle dengan memasukkan keyword pada kolom pencarian, maka google akan mencari data yang sesuai dengan keyword yang kita masukkan sehingga data yang ditampilkan kurang akurat karena mengandung makna yang luas.
Untuk mendapatkan data yang lebih akurat, maka disini kita harus menambahkan parameter khusus agar mesin pencari google lebih akurat. Karena kita menambahkan syarat/ketentuan yang akan dicari pada search engine google.
Parameter yang sering digunakan pada pencarian google search engine.

1.  Tanda kutip dua (").
Coba masukkan keyword menggunakan tanda kutip dua di awal dan akhir kalimat seperti contoh "Alexa ganti tampilan website" agar pencarian lebih akurat. Dan coba bandingkan dengan tanpa tanda kutip dua.

2.  Tanda plus (+).
Menggunakan tanda plus (+) pada pencarian google akan menampilkan kata dasarnya saja. Seperti kata senang, maka google akan tidak menampilkan kata kesenangan, disenangi, menyenangkan dll. contoh +senang

3.  Tanda baca (~)
Tanda baca (~) pada pencarian google akan menampilkan data dari persamaan kata yang kita cari. contoh : ~auto kompas, maka akan tampil juga mobil, car, automotive dll.

4.  Tanda kurang (-)
Tanda kurang (-) akan menampilkan data pada website yang tidak mengandung kata tersebut. contoh : kompas -bola

5.  Kata define:
Akan menghasilkan arti dari kata tersebuat. contoh : define:camera

6.  Kalkulator
Google juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menghasilkan operasi bilangan matematika seperti contoh:
10 + 10 akan menghasilkan 20
20 – 5 akan menghasilkan 15
20 * 5 akan menghasilkan 100
20 / 10 akan menghasilkan 2
20 % of 10 akan menghasilkan 2
2^5 akan menghasilkan 32 (Dua pangkat lima adalah 32)

7.  Kata site:
Akan menampilkan kata dari website yang akan kita telusuri. contoh : domain site:namawebsite.com , kama akan menampilkan kata domain pada website yang kita tuju.

8.  -inurl:
Berfungsi untuk menyaring tipe halaman website yang akan ditampilkan seperti html,php,asp,dll.

9.  intitle:
Menyaring judul halaman dari website yang akan ditampilkan

Sekarang kita coba mencari sebuah file mp3 dengan menggunakan beberapa parameter tersebut. kalau mencari sebuah file dengan mengetikkan keyword pada mesin pencari google, maka kita akan dialihkan ke situs penyedia file sharing seperti 4shared, mediafile dll.

Bahkan utnuk download file tersebut sangatlah merepot, ada yang harus login, berbayar, link ads sana-sini, limit download dibatasi, bahkan sampai buka link yang ditampilkan google satu persatu demi mencari file yang gratisan...... :D

Lanjut ke kasus yang diatas, mecari file berformat mp3 dengan nama file "ku tak bisa" lagu dari Slank. Silahkan copy kode dibawah ini dan paste di search engine google.

-inurl:(asp|html|php) intitle:"index of" +"last modified" +"parent directory" +(.mp3) "ku tak bisa"

Kode diatas berfungsi mencari file di dalam directori website untuk diperbolehkan diakses secara publik dengan extention file mp3 yang memiliki nama ku tak bisa. 

Hasil dari parameter diatas :


Setalah link tampil, silahkan coba klik link paling atas pada contoh gambar tersebut. maka kamu dapat download file tersebut hanya dengan satu klik.

Tinggal download sepuasnya..... :D eeiitt..!!! jangan senang dulu, tidak semua link bisa didownload karena ada sebagian direktori udah diproteksi oleh admin walaupun kita dapat melihat isi dari direktori tersebut.

Jika ingin mencari file dengan format lain, ganti mp3 dengan 3gp misalnya. dan nama file sesuai dengan yang kamu inginkan.

Warning : Pergunakanlah cara diatas dengan bijak. Resiko penyalahgunaan ditanggung sepenuhnya oleh pengguna.

[sumber:search engine google]